Pertanyaan-Pertanyaan Aneh Yang Sudah Terjawab

Apakah bisa menghitung seberapa banyak salju yang jatuh ke tanah?

Kami tak akan membuang waktu dengan menghitung setiap butiran salju yang sampai ke bumi. Cara praktis kami adalah mengumpulkan ilmuwan-ilmuwan terpercaya dari berbagai belahan bumi di kantor redaksi kami. Saat kami menanyakan ini, mereka semua serentak menjawab bahwa rata-rata 1.000.000.000.000.000.000.000.000 butir salju yang sampai di tanah setiap musim dingin di tiap daerah. Setelah pertanyaan ini terjawab, Anda pasti akan mengirimkan Burning Question kembali ke redaksi kami, “Bagaimana menyebutkan ‘1.000.000.000.000.000.000.000 .000’?” Kami juga hanya mampu menuliskannya ketimbang menyebutkannya.



Apakah kalau saya berteriak di luar angkasa suaranya bisa didengar?

Kami dengar dari ahli fisika yang tersesat di kantor kami menyimpulkan bahwa suara Anda tak akan terdengar karena tidak ada gelombang suara yang menjadi medium sampai ke telinga lawan bicara. Di film fiksi ilmiah adalah 100% bohong kalau ada adegan bintang meledak lalu terdengar suara yang menggelegar. Memang kapan perjalanannya Anda lakukan? Untuk membuktikan teori ini Anda harus mengajak kami yang berperan menjadi lawan bicara Anda di sana. Hubungi kantor redaksi kami dan kami akan mengirimkan reporter kami untuk meliput kejadian monumental ini.


Benarkah lebih bersih toilet daripada perangkat komputer kerja di kantor?

Sepintas pertanyaan ini terdengar bodoh. Namun sebuah studi di University of Arizona ternyata menyimpan fakta bahwa perangkat komputer di ruang kerja Anda malah lebih kotor dibanding toilet kantor yang memang dibersihkan intens dan reguler. Mouse komputer Anda mengandung 1500 mikroba per square inchi. CPU yang terkesan baik-baik dan bersih-bersih saja malah menyimpan sekitar 3000 mikroba per square inchi. Ponsel yang Anda gunakan lebih parah lagi: 25.000 mikroba per square inchi! Rata-rata dudukan WC saja cuma menampung 50 mikroba per square inchi. Mengapa bisa sebegitu kotor? Karena Anda tidak reguler membersihkan komputer Anda, sementara toilet kantor selalu dibersihkan dengan berbagai cairan pembunuh zat kotor yang menjajah kamar mandi Anda. Mulai sekarang, rajin-rajinlah membersihkan perangkat komputer Anda di kantor dan di rumah agar program hidup sehat Anda tahun ini bisa total dan berhasil. Kami dukung usaha Anda!


Mengapa wajah saya langsung kecut dan mengernyit kalau makan permen asam?

Indra perasa dalam mulut Anda mengandung protein PKD1L3 dan PKD2L1 yang bereaksi terhadap asam. Protein itu mengirimkan sinyal yang menunjukkan rasa tak nyaman ke otak. Secara reflek, otot wajah Anda langsung tertarik sehingga mengekspresikan rasa kecut dan mengernyit. Tambah kita “ewh…” agar lebih ekspresif.


Apakah stok cat biru untuk langit terlalu banyak ketika bumi diciptakan?

Riset kecil-kecilan yang tim sains kami lakukan mampu menjawab pertanyaan Anda. Ini tak ada hubungannya dengan cat warna biru, namun molekul udara yang partikelnya lebih kecil dari panjang gelombang cahaya mengakibatkan cahaya terbaur. Berbaurnya cahaya itu didominasi warna biru karena molekul udara yang lebih banyak direfleksikan oleh sinar matahari dari berbagai sisi. Sebenarnya tak hanya biru, tapi warna lain bisa hadir di keadaan cerah. Hanya saja, warna biru jumlahnya lebih banyak daripada yang lainnya. Sayangnya keadaan ini tidak pernah terjadi di Gotham City.


Mengapa di bahasa Inggris lebih dipilih “nightmare”, ketimbang “bad dreams”?

Surprisingly, Kata nightmare lebih menyeramkan dan dianggap lebih representatif dibandingkan yang lainnya. Masih penasaran dengan asal kata tersebut? Dalam akar bahasa Inggris, Anglo-Saxon, terdapat kata mare yang berarti kekuatan jahat. Kata ini juga berakar pada bahasa Sanskrit, mara, yang berarti penghancur. Mar itu sendiri berarti serbuan. Kata nightmare menjadi berkonotasi “diserbu kekuatan jahat saat malam hari”. Kalau Anda mengalami nightmare di siang hari, tanya saja sendiri kepada orang Inggris mengapa tidak ada kata daymare. Kami lepas tangan kalau begitu.


Benarkah memberi coklat ke anjing peliharaan akan membunuhnya?

We’re afraid: yes. Nikmat di mulut Anda bukan berarti nikmat dan sehat di perut peliharaan Anda. Salah satu substansi yang terkandung di dalam coklat bernama Theobromine. Kalau di versi manusianya, substansi tersebut seperti kafein. Substansi itu bisa membunuh mereka karena bisa mengakibatkan sensasi sangat sakit di perut mereka. Besar atau kecilnya efek yang diterima binatang peliharaan Anda tersebut bergantung pada tiga aspek yang menentukan berbahaya atau tidaknya coklat tersebut untuk anjing peliharaan Anda, yaitu tipe coklatnya, berapa banyak coklatnya, dan seberapa berat anjing Anda. Dari ketiga aspek tersebut, yang paling berbahaya adalah seberapa banyak cocoa yang terkandung di dalam coklatnya. Coklat murni yang berwarna hitam adalah paling berbahaya bagi mereka, sementara yang berwarna putih tidak seberbahaya coklat-coklat lainnya. Efek substansi theobromine secara langsung adalah muntah-muntah, kencing terus-terusan, dan tremor otot. Kalau terjadi terus, siap-siap katakan selamat tinggal untuk anjing Anda di saat dia sedang sekarat.


Benarkah kuda laut jantan melahirkan?

Benar sekali. Kuda laut jantan memiliki kantung perut yang besar dan membuka seperti celah di bagian dasar perutnya. Kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam kantung perut itu dan kuda laut jantan membuahi telur saat dijatuhkan. Lapisan dalam kantung perut menjadi seperti spons dan dipenuhi dengan pembuluh darah, yang berfungsi untuk memberi makan telur atau embrio. Telur-telur akan mengalir melalui tabung ke kantong perut kemudian mereka akan dibuahi. Hasil pembuahannya dinamakan embrio.

Embrio akan berkembang selama 10 hari sampai 6 minggu, tergantung pada spesies dan kondisi air. Jika sudah waktunya, ‘melahirkan’ sang jantan akan memompa ekornya sampai bayi kuda laut keluar. Bayi-bayi kuda laut akan keluar dengan bentuk yang sangat kecil. Selain untuk mengandung, kantong kuda laut jantan juga berfungsi untuk mengatur kadar garam, agar sesuai dengan lingkungan luar saat telur menetas


Darimanakah nama Santa Clause sebenarnya berasal?

Sinterklas (dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Santa Klaus, Santo Nikolas, Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Santy, atau Santa) adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal.

Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra, lahir sekitar 280 M Patara tidak jauh dari Myra (Demre) di negara Turki. Ayahnya adalah orang Arab yang bernama Epifanius sedangkan ibunya bernama Nonna. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.

Tokoh Santa kemudian menjadi bagian penting dari tradisi Natal di dunia barat dan juga di Amerika Latin, Jepang dan bagian lain di Asia Timur


Bagaimana sebenarnya asal muasal payung?

Payung telah tercipta sekitar 4000 tahun yang lalu. Bukti ini dapat dilihat pada karya seni dan artefak-artekak kuno yang ditemukan di Mesir, Syria, Yunani dan Cina. Pada mulanya, payung digunakan sebagai tabir surya. Kemudian orang Cina mengembangkan payung tahan air untuk pelindung hujan. Mereka melapisi payung dengan lilin sehingga menjadi tahan air.

Pada awalnya payung dianggap sebagai aksesori yang hanya cocok bagi perempuan. Adalah seorang pengembara dan penulis dari Persia bernama Jonas Hanway (1712-1786) yang membawa dan mempergunakan payung di depan umum di Inggris. Beliau pula yang mempopulerkan penggunaan payung di kalangan laki-laki. Para laki-laki Inggris kerap menyebut payung dengan sebutan “hanway”, mengambil kata dari yang mempopulerkannya.


Benarkah pernah ada fenomena alam hujan kodok?

Surprisingly, kejadian ini sering dialami bumi, apalagi di daerah yang sering mengalami bencana angin tornado. Tornado dengan cepat dan berkekuatan besar menghisap benda-benda yang dilaluinya. Barang yang “ringan” tersebut (kami masih belum bisa memastikan seringan apa benda yang bisa diangkat tornado) akan dibawa tornado dalam kecepatan tinggi ke tempat yang tidak jauh dari situ. Saat intensitas kekuatan tornado menurun, benda-benda yang dihisap tadi akan terjatuh semua ke tanah. Indonesia jarang mengalaminya karena bisa dibilang sedikit kasus angin tornado. Kalaupun ada, kekuatannya tidak sebesar yang sering terjadi di gurun-gurun Amerika.


Mengapa cincin kawin kebanyakan dipasang di jari manis tangan kiri?

Sedikit aneh kalau dipasang di jari tengah, apalagi sambil menunjukkannya pada sang mertua dengan keadaan jari yang lain saling menggenggam sesaat sesudah mengucapkan janji setia perkawinan. Orang-orang Mesir kuno percaya bahwa nadi yang terletak di jari manis tangan kiri alirannya langsung ke dalam hati. Kepercayaan ini ditemukan oleh orang- orang Yunani saat menjajah Mesir di bawah kekuasaan Alexander the Great. Tidak jelas dari mana mereka mendapat premis tersebut. Akhirnya mereka malah kemudian memberikan informasi berharga ini ke orang-orang di Roma yang akhirnya memberikan nama “vena amoris” (dalam bahasa Latin) pada bagian tersebut yang berarti “nadi cinta”. Pada kenyataannya, anatomi modern membuktikan mitos ini 100% tidak benar, namun tradisi memasang cincin di jari manis tangan kiri tak akan pernah berhenti sampai kapanpun walaupun nanti kita bertemu jaman mobil-mobil terbang.


Sejak kapankah yoghurt mulai dikenal?

Ada bukti bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan selama paling sedikit 4500 tahun, sejak milenium ke-3 SM. Yoghurt pertama kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt-nya sendiri, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.

Teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno didasarkan pada buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Pada kedua buku, kata yoghurt disebutkan dan digambarkan sebagaimana yang digunakan oleh orang Turki nomadik, dengan kata yoghurt digambarkan dalam berbagai bagian. Juga, pertama kali orang Eropa mengenal yoghurt dapat dilihat pada sejarah klinik Perancis ketika Francis I menderita diare yang mematikan dan tidak ada dokter Perancis yang mampu menyembuhkannya. Namun, sekutunya Suleiman si Hebat mengirim seorang dokter, dan dengan bantuan yoghurt ia dapat disembuhkan dan orang Eropa dipercaya mengenal yoghurt untuk pertama kalinya dengan insiden itu.


Sejak kapankah yoghurt mulai dikenal?

Ada bukti bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan selama paling sedikit 4500 tahun, sejak milenium ke-3 SM. Yoghurt pertama kemungkinan terfermentasi secara spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7. Sekarang, banyak negara memiliki yoghurt-nya sendiri, walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang jelas mengenai siapa yang menemukan yoghurt.

Teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno didasarkan pada buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Pada kedua buku, kata yoghurt disebutkan dan digambarkan sebagaimana yang digunakan oleh orang Turki nomadik, dengan kata yoghurt digambarkan dalam berbagai bagian. Juga, pertama kali orang Eropa mengenal yoghurt dapat dilihat pada sejarah klinik Perancis ketika Francis I menderita diare yang mematikan dan tidak ada dokter Perancis yang mampu menyembuhkannya. Namun, sekutunya Suleiman si Hebat mengirim seorang dokter, dan dengan bantuan yoghurt ia dapat disembuhkan dan orang Eropa dipercaya mengenal yoghurt untuk pertama kalinya dengan insiden itu.


Apakah meminum alkohol terbukti menghangatkan badan saya?

Memang benar banyak yang menyangka begitu. Tapi fakta yang akan kami berikan akan mengubah pandangan Anda selama ini mengenai minuman enak yang “menghangatkan” tersebut. Di jurnal-jurnal kesehatan Amerika, setelah melalui beberapa tes, justru pertanyaan yang Anda ajukan adalah mitos. Secara teknis alkohol akan menurunkan temperatur tubuh Anda. Dengan begitu, alkohol mengirimkan darah ke kulit di semua bagian tubuh. Karena itu terasa hangat. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah panas tubuh Anda berkurang.

Apabila Anda berada di daerah yang sangat dingin, alkohol justru dapat mengakibatkan Anda tidak mengetahui kalau bagian tubuh terkena hipotermia. Alkohol juga terbukti mengurangi kadar air dalam tubuh Anda atas kalori yang besar terkandung di dalamnya. Kurangi dosisnya atau imbangi dengan jahe, dengan itu tubuh Anda akan menjadi hangat secara alami dan sehat wal afiat walau di tempat yang dingin.


Apakah ada yang lebih panas dari suhu mata hari?

Kami jawab sementara saja dulu. Model-model di majalah ini jelas mengalahkan panasnya suhu matahari. Tentunya kalau Anda 100% pencinta tubuh wanita. Namun kami sudah pasti mengerti konteks pertanyaan Anda. Sebenarnya pada waktu-waktu yang tidak terduga, benda itu ada di bumi dan dengan mudah kita lihat dalam waktu yang sangat cepat. Bentuknya sangat menyeramkan. Sesuatu yang sangat panas itu adalah petir. Selain menghasilkan tegangan listrik yang besar secara mendadak, ternyata suhunya berukuran lima kali lebih besar daripada suhu permukaan matahari. Itulah mengapa kalau manusia terkena sambaran petir, bentuknya langsung gosong seperti sate ayam yang gurih dan renyah. Kekuatan panasnya bisa masuk ke dalam tubuh dengan cepat dan besar. Walau keadaan itu sudah tidak “hot” lagi bagi kita, tapi orang yang bernasib malang tersebut sudah merasakan sensasi hot yang sebenarnya.


Dari mana asal idiom sleep tight di bahasa Inggris ?

Sebelum ada tempat tidur konvensional seperti yang Anda gunakan saat ini (baik dipan maupun spring bed), tempat tidur gaya kuno di Amerika dan Eropa menggunakan tali untuk mengencangkan bagian bawah dan sampingnya agar membuat pengguna yang tidur di atasnya bisa terasa nyaman. Kalau tali itu tidak terpasang dengan baik, posisi matras di atasnya akan mengganggu posisi dan kenyamanan tidur penggunanya. Karena itulah, bahasa Inggris “meneruskan” tradisi mengencangkan tali tersebut lewat idiom yang terdengar janggal bagi kita. Awalnya kami mengira bahwa idiom ini diambil dari adegan orang-orang gila di rumah sakit jiwa yang harus diikat dengan erat saat dia tidak bisa tidur.


Saya membutuhkan referensi bacaan novel yang paling gila namun belum pernah diulas di rubrik books. Ada saran?

Sementara kami rekomendasikan satu buku saja, Gadsby: Champion of Youth. Buku tersebut adalah karya terpenting Ernest Vincent Wright. Pertama kali diterbitkan tahun 1939. Bercerita tentang kejadian-kejadian di kota fiktif Branton Hills dengan John Gadsby sebagai tokoh utamanya. Apa yang membuat novel ini gila? Penulisnya sangat alergi dengan huruf E sampai dia tidak memasukkan satu huruf E pun di dalam novel yang memiliki kira-kira 50.000 kata tersebut.


Saat saya merasa gatal, mengapa saya merasa enak ketika digaruk!

Versi sederhananya adalah bahwa rasa enak ketika menggaruk bagian tubuh yang gatal timbul karena rasa gatalnya dapat teratasi. Namun apabila dilihat dari sisi biologis, menggaruk akan mengaktifkan sel syaraf yang langsung berhubungan ke otak dengan memberi sinyal rasa nyaman. Rasa gatal itu sendiri merupakan reaksi kulit dari faktor luar seperti gigitan serangga, makanan (mengakibatkan alergi), atau sugesti hingga sel darah putih bekerja untuk melawan kuman penyakit dan menetralisasi seimbangnya sel darah merah dan putih sekaligus. Banyak dokter yang menyarankan agar jangan menggaruk terlalu sering ketika rasa gatal melanda Anda karena dapat mengakibatkan kulit iritasi. Parahnya, tangan yang tidak bersih saat menggaruk malah bisa meneruskan rasa gatal itu menjadi lebih perih karena terjadinya infeksi dari dalam kulit. Tapi apa mau dikata, kami rasa karena itulah ada pertanyaan seperti ini, “Mengapa rasa gatal enak digaruk”. Yang enak selalu sulit dihentikan, bukan?


Lidah saya terasa ‘tergigit’ ketika meminum minuman soda yang sedang dalam keadaan dingin. Mengapa begitu?

Sensasi tergigit yang Anda rasakan di lidah adalah efek karbondioksida yang terlarut dengan sempurna. Untuk mencapai kesempurnaan larutan tersebut, dibutuhkan suhu yang sangat rendah. Sebaliknya, saat disimpan di suhu tinggi, karbondioksida tidak terlarut dengan baik dalam air. Karena itu, apabila tidak dalam keadaan dingin, minuman soda terasa datar dan tidak menggigit. Ups, hampir ketinggalan: minuman soda adalah air yang dilarutkan dengan karbondioksida sehingga disebut juga sebagai minuman berkarbonasi. Mengapa Anda tidak bertanya “saat saya french-kissing dengan pacar mengapa lidah saya tergigit?.”


Mengapa manusia butuh sendawa?

Kami sulit menentukan parameter apakah manusia butuh bersendawa atau tidak. Tapi kalau dilihat prosesnya, maka bisa saja Anda membutuhkan aksi yang kerap dianggap sebagai “kentut dari mulut” ini. Pada dasarnya sendawa memang mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam badan. Hal tersebut terjadi karena pergerakan usus yang berlebihan saat seharusnya bagian tubuh tersebut meremas makanan. Karena itu, biasanya sendawa terjadi ketika Anda telat makan. Kalau Anda sering telat makan, maka terjadilah penyakit mengganggu di perut yaitu maag. Kalau Anda mengendalikan udara tersebut ke atas, beruntung hanya menjadi sendawa. Tapi sebagian orang kenyataannya lebih nikmat mendorong udara tersebut ke bawah hingga menghasilkan suara dengan diikuti bau yang mengganggu kehidupan sosial Anda untuk sementara. Terserah Anda pilih mana yang paling dibutuhkan dan paling nyaman.


Saya seorang pecinta sepatu kets, namun masih tidak tahu siapa yang mempopulerkan sepatu kets yang sekarang digemari banyak orang ini?

Sepatu kets dipopulerkan di AS oleh seseorang bernama Keds, tahun 1917. Sebenarnya, beberapa tahun sebelumnya, sepatu kanvas bersol karet ini sudah dikenal banyak orang, tetapi kurang disenangi. Pada awal 1960-an, bentuk dan modelnya mulai bervariasi dan sol-nya pun tebal bergaris-garis seperti kue wafel. Seiring dengan kemajuan teknologi, sepatu kets mulai meledak di pasaran ketika Nike dan Adidas berhasil meyakinkan atlet atlet top untuk untuk memakai produk mereka dalam sebuah kejuaran olahraga dunia bergengsi yaitu Olympiade tahun 1972.


Bagaimana asal-usul kondom dan siapa penemunya?

Dari catatan sejarah, kondom yang merupakan alat kontrasepsi ini telah digunakan sejak beberapa ratus tahun lalu dan tidak diketahui pasti siapa penemunya. Sekitar tahun 1000 sebelum Masehi, awalnya orang-orang Mesir kuno menggunakan linen sebagai pelindung alat vital mereka untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan mereka. Kini, kondom bukan hanya sekedar pelindung, melainkan sebagai aksesoris dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Dari rasa buah-buahan, kemudian berbentuk pohon, binatang, kumis lele dan lain-lain. Bentuk dan rasa ini jelas akan membuat fantasi seks Anda dengan pasangan menjadi lebih dahsyat. So, have a nice sex without virus, guys!


Saya tahu arti astronomi. Kemarin saya baru dengar istilah ‘Gastronomi’. Apa ada hubungannya dengan gas-gas alam di luar angkasa?

Sama sekali tak ada hubungan antara astronomi dengan gastronomi. Astronomi adalah ilmu perbintangan. Benar kalau cakupannya mengenai luar angkasa. Gastronomi cakupannya masih berada di planet bumi. Gastronomi adalah studi mengenai hubungan budaya dengan makanan. Contoh kajiannya seperti mengapa orang Sunda makanannya didominasi sayuran atau orang Minang kebanyakan memakan makanan pedas. Kalau ada makanan di luar angkasa, maka kita akan bersama-sama menemukan hubungan studi astronomi dengan gastronomi.


Saya mesti menuliskan random words yang tulisannya berantakan sebelum log-in di sebuah website. Apa itu adalah cara mereka mengerjai saya?

Singkirkan pikiran buruk tersebut. Justru pengelola website itu membuat sistem sekuriti yang baik untuk menghindari Bot. Bot adalah program otomatis yang suka iseng masuk ke sebuah website dengan “mengaku” sebagai manusia. Biasanya digunakan untuk iklan yang ilegal atau menambah isi file di server sampai bandwidth website itu terganggu. Teknik random words itu dinamakan Captcha, singkatan dari Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart, sebuah “pintu masuk” untuk mengetes apakah yang akan log-in di website itu manusia atau Bot iseng yang dibenci banyak webmaster. Bentuk Captcha tidak hanya berupa random words, tapi juga bisa random numbers, atau tes hitungan yang sederhana. Tes hitungan sederhana kerap lebih sulit “dijebol” Bot dan bahkan manusia yang sangat bodoh dalam matematika.


Sejak kapan album rekaman dilabeli stiker “Parental Advisory”?

Singkatnya sejak tahun 1988. Album pertama Danzig yang pertama kali kejatuhan “sial” dan cukup mengurangi jumlah pembeliannya karena imej yang buruk di stiker tersebut saat itu. Cikal bakal stiker indikator kebandelan itu bermula saat istri-istri pejabat US pada tahun 1985 membentuk Parents Music Resource Center dan bekerja sama dengan Recording Industry Association of America untuk membuat standarisasi rekaman musik yang berisikan lirik dengan tingkat “kenakalan” yang melebihi batas. Dalam perkembangannya, untuk tetap menjaga angka penjualan, beberapa label rekaman merilis versi “bersih” yang sudah diedit. Tentunya tidak terdengar bandel lagi.


Siapa penemu Lampu Lalu Lintas?

Di Inggris, sejak tahun 1863 sudah ada lampu lalu lintas yang saat itu hanya berwarna merah dan hijau (berhenti dan jalan). Kami tidak pernah melacak siapa yang pertama kali membuat sistem tersebut. Saat sistem lampu tersebut familiar di mana-mana, suatu hari Garrett A. Morgan (kelahiran 1877, Kentucky, US) melihat tabrakan antara mobil dengan kereta kuda karena lampu lalu lintas yang digunakan saat itu tidak memberikan kesempatan untuk para pengguna jalan agar menurunkan kecepatan dan berhenti atau mempersiapkan kecepatan ketika lampu akan hijau dan berjalan. Akhirnya dia menambahkan lampu kuning yang berguna untuk memberi interval pengguna jalan sampai lampu merah (stop) menyala. Saat kami menghubungi Mr. Morgan lewat ponsel kuno kami, dia bilang bahwa, “Dulu saya dapat membeli apapun karena mematenkan lampu lalu lintas tersebut untuk General Electric Company seharga US$40.000.”


Berapa banyak kalori yang dikeluarkan ketika seorang pria ejakulasi?

Setiap Anda mengeluarkan para calon anak itu, kandungan dalam cairan sperma Anda hampir sama dengan kandungan putih telur, beda jumlah saja. Telur yang berukuran normal mengandung 14 kalori dan tiga gram protein. Ejakulasi yang normal adalah sepertujuhnya, yaitu dua kalori dan 1 gram protein. Masih merasa rugi dibandingkan dengan kenikmatannya?


Sejak kapan paspor diberlakukan & dari mana?

Paspor bermula pada tahun 450 SM, ketika utusan Raja Persia Kuno mengajukan surat izin untuk masuk ke perbatasan Jedah, yang menyatakan si pemegang mempunyai izin datang dalam keadaan damai. Ketika masa pemerintahan Raja Louis XIV di Prancis, ‘surat permohonan izin’ ini menjadi populer. Surat tersebut kemudian dinamakan ‘passeport’ yang berarti ‘izin memasuki pelabuhan’, karena kebanyakan perjalanan internasional dilakukan melalui laut. Paspor sempat menghilang pada tahun 1861 di Eropa karena terjadi ledakan turis di seantero Eropa, dan sistem pemerintahan pada saat itu masih manual sehingga terjadi breakdown. Setelah Perang Dunia I untuk memperketat keamanan internasional, paspor dan visa diberlakukan lagi.


Sejak kapan susunan keyboard QWERTY muncul pertama kali?

Tahun 1878, mesin tik dengan susunan tuts QWERTY dipatenkan. Tetapi pertama kali mesin tik dengan keyboard QWERTY dibuat oleh C.L.Sholes asal Michigan pada tahun 1868. Awalnya ia membuat tuts mesin tik dengan susunan ABCDE dan seterusnya dalam dua baris tuts, tetapi hal ini menimbulkan masalah. Kalau beberapa huruf tertentu diketik dengan cepat, tangkainya akan menyangkut. Dengan bantuan seorang guru yang menganalisa frekuensi penggunaan huruf dalam tulisan, terciptalah susunan huruf aneh QWERTY. Tahun 1932, Professor August Dvorak menciptakan susunan AOEUIDHTNS yang diklaim lebih praktis. Tetapi susunan ini gagal menjadi populer karena orang tidak mau lagi repot-repot mempelajari susunan baru.


Mengapa kentut ada yang bunyi dan tidak, juga ada yang bau dan tidak?

Kentut berbunyi karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut diproduksi. Keras tidaknya bunyi kentut, tergantung pada kecepatan gas yang keluar. Penyebab kentut memiliki bau adalah karena adanya kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung unsur sulfur. Makin tinggi kandungan sulfur dalam makanan yang dimakan, makin busuk pula bau kentut. Telur dan daging memiliki peran yang sangat besar dalam memproduksi bau kentut.


Kapan pertama kali ‘blue film’ dibuat dan siapa pemainnya?

Awalnya orang membuat film porno untuk diputar dengan proyektor di rumah, di klub eksklusif atau di rumah bordil pada era film bisu tahun 1920-an. Di akhir 60-an, film-film porno pendek dibuat untuk ditonton secara terbatas di toko-toko seks, dengan cara membayar dan menontonnya di booth atau ruangan kecil. Sedangkan film porno yang pertama kali dibuat secara komersial adalah “Behind The Green Door” pada tahun 1972. Tapi yang paling menghebohkan adalah “Deep Throat” yang dibuat pada tahun yang sama dan melambungkan nama aktris hot Linda Lovelace. Plot ceritanya: Linda pergi ke dokter karena hasrat seksnya tak terkendali, lalu dokter mendiagnosa adanya suatu kelainan, yaitu clitoris Linda berada di kerongkongannya dan sang dokter menawarkan metode pengobatan yang Anda bisa bayangkan sendiri seperti apa. keren kan?


Tahun berapa virus komputer tercipta pertama kalinya? Dan siapa penciptanya?

Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer, dimana motivasi si pembuat virus bisa berisi pesan politik, atau mengkritik suatu institusi (seperti virus-virus yang mengejek perusahaan Microsoft dan lain sebagainya). Mereka mampu masuk ke dalam sistem komputer seseorang, mendapatkan berbagai informasi seperti alamat e-mail, kemudian menjual informasi tersebut kepada spammer.

Tahun 1950, salah seorang bernama Bell Labs membuat suatu game eksperimental dimana pemainnya menggunakan program jahat untuk menyerang komputer pemain lainnya. Setelah itu, merebak virus-virus lainnya seperti virus milik John Brunner (1975) yang dapat menyebar melalui jaringan, virus Christmas tree (1987) yang menyerang jaringan komputer IBM, virus Michelangelo (1992) yang membuat panik dunia, dan masih banyak virus lainnya.


Kenapa kita mengacungkan jempol ke atas untuk mengatakan sesuatu yang bagus?

Pada zaman dahulu dalam pertandingan Gladiator, nasib yang kalah ditentukan oleh para penonton. Kalau mereka ingin si petarung dibunuh, mereka akan menunjukkan jempol ke bawah. Jika mereka merasa simpati kepada si petarung, mereka akan mengacungkan jempol dan si petarung yang menang akan mengacungkan juga senjatanya ke atas.


Sejak kapankah kita mengenal credit card?

Sistem kredit pertama kali digunakan di Assyria, Babylon dan Mesir sekitar 3000 tahun yang lalu. Surat wesel mulai digunakan sejak abad ke 14. Hutang ditetapkan dalam 1/3 uang kas dan 2/3-nya dengan surat wesel. Uang kertas baru mulai umum digunakan sejak abad ke 17. Iklan kredit pertama dibuat pada tahun 1730 oleh Christopher Thornton, yang menawarkan furnitur yang dapat dibayar seminggu kemudian. Pada masa itu para tukang kredit menggunakan sebatang kayu, ujung yang satu untuk menandai pembayaran dan ujung lainnya untuk menandai hutang.

Di tahun 1920-an di Amerika Serikat mulai dikenal motto “buy now, pay later” pada beberapa toko tertentu. Di tahun 1950 Diners Club dan American Express merilis kartu pembayaran mereka sekaligus menjadi uang plastik pertama di dunia. Di tahun 1951, Diners Club merilis kartu kredit pertama untuk 200 pengguna yang dapat memakainya di 27 restaurant di kota New York. Namun standar penggunaan strip magnet baru dimulai pada tahun 1970 dan sejak itulah kartu kredit jadi bagian penting di abad informasi ini. Penggunaan strip magnet pada kartu ini sebetulnya sudah dimulai oleh London Transit Authority di awal tahun 1960-an.


Apakah buah Simalakama itu benar-benar ada?

Ada, dan buah ini adalah tanaman asli Indonesia dengan nama latin Phaleria Macrocarpa atau Phaleria Papuana. Buah yang pertama kali ditemukan di Papua ini ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam buah ini diantaranya adalah alkaloid, terpenoid, saponim, flavonoid, lignan danresin yang punya khasiat sebagai anti alergi (antihistamin), antioksidan, anti kanker dan juga sintosinon (memudahkan pada saat kelahiran). Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, daging dan kulit buahnya. Buah yang belakangan ini lebih dikenal dengan nama Mahkota Dewa bentuknya sendiri bulat sebesar sawo dan berwarna hijau kemerahan. Istilah ibarat memakan buah simalakama sendiri mungkin timbul karena buah ini beracun jika dimakan langsung tanpa dikeringkan terlebih dahulu.


Sejak kapankah kebudayaan manusia mengenal perangko?

Awalnya surat dikirim dulu baru ongkos kirimnya akan dibayar oleh si penerima. Namun di tahun 1837, seorang guru bernama Rowland Hill di Inggris menyadari kalau kantor pos selalu merugi jika si penerima menolak suratnya. Ia mengusulkan sistem perangko prabayar lewat sebuah pamflet berjudul The Post Office Reform. Pada tanggal 1 May 1840, perangko pertama mulai dijual di Inggris.

Awalnya dalam lembaran perangko tidak ada lubang pemisah antar perangko seperti yang kita kenal sekarang, jadi untuk memisahkannya dibutuhkan pisau atau gunting. Tahun 1847, seorang insinyur Irlandia bernama Henry Archer mengajukan ide lembaran perangko berlubang pada the British Post Office dan sejak 1854 mesin ciptaan Archer mulai digunakan untuk memproduksi lembaran perangko berlubang. Perangko Inggris juga menjadi satu-satunya perangko yang tidak mencantumkan nama negara asal pembuatnya.


APAKAH CEGUKAN ITU?

Cegukan sebetulnya adalah iritasi pada diafragma (sekat rongga badan) yang membuatnya kejang. Ada 2 gejala cegukan, pertama diafragma tanpa sengaja mengerut. Karena saraf yang mengendalikannya teriritasi sesuatu, mungkin penyebabnya adalah kita makan atau minum terlalu cepat. Anda dapat mengendalikan cegukan dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkannya. Kedua, kalau udara dihirup masuk, ruang antara pita-pita suara di belakang tenggorokan (glotis) terkatup rapat. Nama medis untuk cegukan adalah singultus. Rekor waktu terlama cegukan yang tak terputus adalah 68 tahun! Pria malang itu cegukan 20 hingga 25 kali per-menit.


Bagaimanakah cara para pemburu kepala mengecilkan tengkorak?

Mengecilkan tengkorak merupaskan proses yang rumit, penuh dengan makna budaya, simbolis serta keagamaan. Setelah musuh dibunuh, kulit leher dipotong pendek dekat dada lalu lehernya dipisahkan dengan pisau tajam dan kepalanya dilepas. Sekerat kulit kayu dimasukan ke mulut dan keluar lewat kerongkongan untuk menggantung atau membawanya. Kulit bagian belakang dibelah sampai ke ubun-ubun dan disisir lepas dari tulang agar bisa dikelupas seluruhnya ke depan. Akhirnya, tengkorak serta rahang bawah dilepas seluruhnya dan dibuang. Sisa kelopak mata dijahit dari dalam, lalu potongan kayu dimasukan ke dalam bibir dan mulutnya diikat rapat-rapat.

Semuanya ini lalu dimasukan ke panci yang berisi air mendidih dan daun-daun khusus selama 2 jam. Batu-batu bulat juga ikut dipanaskan untuk dimasukkan melalui lubang leher. Kepala lalu diputar dengan tangan sementara batu panas lainnya yang dipegang dengan daun dipakai untuk memperhalus ciri-ciri luar agar menyerupai penampilan manusia. Sewaktu mendingin, kepala mulai mengerut lalu batu-batu yang lebih kecil dan pasir panas dituangkan dalam kepala untuk membuatnya mengerut secara merata. Akhirnya kepala digantung sekitar 1 meter di atas api yang yang mengasapinya selama semalaman. Menurut kepercayaan yang ada, bila mulut itu tetap terbuka maka musuh tadi masih dapat mengutuk pembunuhnya.


Siapakah penemu remote TV?

Coba bayangkan, apa yang dialami pemirsa televisi tanpa adanya remote control? Di era monopoli TVRI zaman dulu, mungkin, peran remote control tidak terlalu penting, karena pemirsa praktis tanpa pilihan. Robert Adler memperkenalkan penemuannya tahun 1956, saat ia menjabat Direktur Riset Zenith Electronics, produsen televisi AS. Remote Control bernama Space Command itu lahir ketika bangsa AS memasuki era emas pertelevisian. Memang, ketika pertama diluncurkan, Space Command tergolong bukan gadget yang nyaman jika diukur dengan standar zaman sekarang. Bagaimana tidak, beratnya saja hampir 1 kg, sementara harganya yang mencapai 100 dolar AS kala itu, hampir setara dengan sepertiga harga sebuah TV.


Siapakah penulis novel pertama di dunia?

Penulis novel pertama di dunia adalah seorang perempuan bangsawan Jepang bernama Murasaki Shikibu yang menulis novel panjang pertama di dunia berjudul Kisah si Genji. Kisahnya sendiri menceritakan tentang seorang pangeran yang mencari cinta dan kebijaksanaan. Versi terjemahan bahasa Inggrisnya mencakup 54 bab dan lebih dari 1000 halaman. Akhir tahun 1500an, gerakan anti romantisme merebak dan para tokoh antagonispun menjadi tokoh utama dalam kisah-kisah di era ini. Novel pertama dalam genre ini adalah Life of Lazarillo de Tormes yang ditulis pada tahun 1554 oleh seorang penulis yang tak dikenal, yang mengisahkan perjalanan hidup seorang anak miskin mencapai suksesnya melalui cara menipu.

Penulis yang paling produktif juga perempuan, yaitu Barbara Cartland (1901-2000) yang menerbitkan lebih dari 1 juta kopi dalam 36 bahasa sekaligus membuatnya sebagai seorang novelis terlaris sepanjang masa. Rekor penjualan buku tercepat pun dipegang oleh perempuan yaitu JK Rowling lewat buku Harry Potter and the Deathly Hallows, buku ke-7 dan terakhir dari seri ini. Buku ini terjual 11 juta kopi dalam waktu kurang dari 24 jam.


Apakah mencium kodok bisa membuat saya kutilan?

Tidak, namun mencium ataupun menjilat katak atau kodok dapat memberi Anda rasa mabuk. Hal ini ada dalam cerita rakyat dan dongeng di berbagai belahan dunia. Seperti legenda kisah pangeran kodok yang juga merupakan cerita pertama dalam Nursery and Household Tales (1812) karya Grimm bersaudara. Si putri mencium kodok yang berubah jadi pangeran tampan, lalu mereka menikah dan hidup bahagia selamanya. Tahun 1991, dua dokter di Amerika Serikat mengklaim bahwa menyebarluasnya legenda ini berkaitan dengan biokimia.

Pada kulit kodok dan katak ditemukan banyak kadar bufotenin, zat yang memproduksi efek halusinasi pada manusia serta efek afrodisiak pada perempuan. Karena itu, mencium atau menjilat kodok dan katak dapat menyebabkan halusinasi yang sangat hidup, serta dorongan romantis bahkan seksual menurut Dr. David Siegel dan Dr. Susan McDaniel dari Universitas Rochester. Mereka juga menambahkan bahwa sifat biologis ini sudah lama dikenal manusia. Ini juga menjelaskan mengapa kodok dan katak sering kali digambarkan dalam cerita rakyat sebagai makhluk jadi-jadian ataupun perantara dengan dunia lain.


Mengapa kita merinding?

Merinding itu sebenarnya adalah reaksi otot terhadap dingin. Bila terkena suhu dingin, otot-otot kecil pada tiap helai rambut mengerut. Efeknya adalah terbentuknya gundukan di sekitar rambut pada bagian itu. Bila suhunya tetap rendah dalam jangka waktu yang lama, terbentuklah apa yang dalam bahasa Inggris disebut goosebump dan rambut tetap berdiri tegak. Istilah kedokteran untuk ini adalah cutis anserina. Rambut selain berfungsi melindungi tubuh dari sinar matahari yang ganas, juga menyekat tubuh terhadap dingin. Pada binatang berbulu, barisan rambut berdiri membentuk tameng pelindung terhadap dingin. Udara dingin terjebak di dalam, di antara rambut, bukan langsung bersentuhan dengan kulit. Meski manusia telah kehilangan sebagian besar rambut di tubuh dibandingkan dengan gorila, simpanse atau orang utan, kita masih mengalami kontraksi otot yang sama sebagai reaksi terhadap udara dingin seperti mereka. Tapi, karena rambut kita tak sebanyak mereka, maka goosebump kita lebih tampak.


Dari manakah istilah robot berasal?

Penulis naskah drama Ceko, Karel Capek (1890-1938) tercatat sebagai orang pertama yang menggunakan kata ini. Kata robot ini diambil dari istilah dalam bahasa Ceko yang berarti pekerja paksa atau pelayan. Capek yang sempat beberapa kali menjadi kandidat penerima nobel untuk karya-karyanya ini memperkenalkan kata robot dalam naskah teaternya yang berjudul R.U.R (Rossum’s Universal Robots) yang pertama kali dipentaskan di Praha pada bulan Januari 1921. Dalam ceritanya ini, Capek menggambarkan keadaan di mana mesin telah memberi begitu banyak keuntungan bagi manusia, namun pada akhirnya menimbulkan masalah pengangguran. Belakangan, ditemukan juga bukti kalau kata ini mungkin berasal dari kakaknya, Joseph Capek yang juga penulis. Dalam salah satu suratnya pada Joseph, Karel meminta pendapat nama apa yang cocok bagi para pekerja artifisial untuk cerita yang sedang ditulisnya. Awalnya ia menamainya Labori yang terdengar terlalu harafiah, lalu Joseph menawarkan untuk menyebutnya Robot.


Siapakah Ebert & Roeper yang namanya sering ada di kemasan DVD orisinal maupun bajakan?

Roger Ebert dan Richard Roeper adalah kritikus film dan kolumnis di Chicago Sun Times serta memiliki program TV At the Movies with Ebert & Roeper. Program TV ini merupakan kelanjutan dari acara ‘Siskel & Ebert’, di mana Roger Ebert dulu ber–partner dengan Gene Siskel hingga kematiannya di tahun 1999. Sejak itu, posisi Siskel digantikan berbagai bintang tamu termasuk sutradara Martin Scorsesse. Hingga tahun 2000, Ebert memilih Roeper, rekan kerjanya di Chicago Sun Times, sebagai partner tetapnya. Sejak era Siskel & Ebert hingga Ebert & Roeper, mereka selalu dikenal karena kritiknya yang tajam, mendalam serta selera mereka yang berbeda. Mereka populer dengan ucapan Two Thumbs Up! yang jadi trademark–nya Ebert yang sering dicatut di DVD bajakan untuk film–film cacing yang sebetulnya tidak bermutu.


Apakah gas tawa itu benar–benar ada atau cuma ada di cerita–cerita fiksi?

Gas tawa itu adalah nama yang umum digunakan untuk menyebut N2O alias nitrogen oksida. Gas ini ditemukan ilmuwan Inggris Joseph Priestly pada tahun 1772. Menghirup N2O ini menghasilkan rasa bahagia yang moderat plus sedikit rasa pusing ringan. Hal ini segera jadi trend pada pesta–pesta kelas atas di Eropa pada abad ke–19. Ilmuwan Inggris lainnya Humphry Davy mengamati N2O juga bisa menghambat rasa sakit yang berarti bisa untuk dimanfaatkan dalam pembedahan sebagai anestetik. Baru mulai tahun 1840-an, N2O dipakai dalam ilmu kedokteran. Hingga saat ini N2O masih dipakai dalam dunia medis, terutama untuk kedokteran gigi. N2O sebenarnya hanya salah satu di antara banyak jenis gas lainnya yang bisa berfungsi sebagai anestetik. Gas ini menidurkan sistem saraf hingga mengurangi tingkat kesadaran dan ‘membunuh rasa sakit’. Selain itu N2O juga mengurangi kemampuan darah dalam membawa oksigen. Karena kurangnya oksigen inilah, kita merasa pusing dan ‘terbang’


Siapa yang pertama kali menemukan bra dan punya ide untuk memberikan penomeran ukuran serta cup pada bra tersebut?

Sejarah bra dimulai sejak 2500 tahun sebelum Masehi, di mana saat itu para cewek di pulau Kreta, Yunani telah menggunakan pakaian sejenis bra di luar pakaian mereka untuk mengangkat payudara mereka. Tahun 450 sebelum Masehi, cewek Romawi menggunakan semacam kemben untuk mengatur ukuran payudara mereka. Pada tahun 1893, Marie Tucek tercatat pada kantor hak paten Amerika Serikat sebagai pencipta breast supporter, pakaian yang amat mirip dengan modern bra. Pada tahun 1912 istilah brassiere tercantum pada Oxford English Dictionary.

Modern bra pertama kali dipatenkan pada tahun 1914 oleh seorang socialite dari New York bernama Mary Phelps Jacob. Namun, ia menjual hak patennya pada Warner Brothers Corset Company di Connecticut, Amerika Serikat seharga $1,500 yang kemudian menghasilkan lebih dari 15 juta dolar 30 tahun setelahnya. Di tahun 1928, Ida Rosenthal, seorang imigran asal Rusia menciptakan sistem pengukuran cup pada bra dan mengembangkannya untuk tiap tahap kehidupan dari masa puber hingga kedewasaan. Baru di tahun 1935, Warner menciptakan sistem pengukuran cup yang kita ketahui sekarang dari A hingga D yang segera diterapkan oleh produsen bra lainnya.


Adakah burung yang dapat terbang mundur?

Awalnya kami mengira pertanyaan Anda adalah lelucon, namun ternyata memang ada burung yang dapat terbang mundur. Hummingbird, burung kecil dengan paruh panjang ini adalah bagian dari keluarga burung Trochilidae yang berasal dari benua Amerika. Nama hummingbird sendiri disebabkan karena suara seperti senandung (humming) yang dihasilkan bunyi sayapnya. Dikenal akan kemampuannya untuk terbang statis bak helikopter berkat kecepatan mengepakkan sayap mereka yaitu dari 15 hingga 80 kepakan per detiknya dan juga dikenal sebagai satu–satunya jenis burung yang mampu terbang mundur

Sumber : http://www.fhm.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>